Wednesday, January 16, 2013

Ringkasan Kisi - Kisi Grafika Komputer



  • Pengertian Grafika KomputerIlmu yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar di komputer.
  • Warna dapat dilihat oleh mata manusia memiliki panjang spektrum berapa? Panjang gelombang warna yang mampu dilihat oleh mata manusia yaitu mulai dari 400-700 nanometer yang disebut Visible Light . berikut panjang gelombang warna yang diukur dengan satuan nanometer (nm). 1 nm sama dengan 1 per 1 Milyar.

  1. Warna Ungu, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 400-450 nm.
  2. Warna Biru, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 450-480 nm.
  3. Warna Hijau, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 480-560 nm.
  4. Warna Kuning, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 560-590 nm.
  5. Warna Oranye, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 590-630 nm.
  6. Warna Merah, bagian dari spektrum yang dapat dilihat yang memiliki panjang gelombang antara 630-700 nm.
  • Pengertian keylight adalah Pencahayaan utama dari gambar yang mempresentasikan bagian paling terang sekaligus mendefinisikan bayangan pada gambar tersebut.
  • Pengertian Trade Off adalah Situasi yang melibatkan kehilangan kualitas atau aspek dari sesuatu sebagai imbalan untuk memperoleh kualitas dari aspek lain.
  • Pengertian Flat Shading adalah Pemantulan bayangan pada permukaan yang rata dan disetiap permukaannya mempunyai tingkatan pencahayaan yang sama sehingga menghasilkan warna yang sama. 
  • Pengertian Directional Light adalah Sumber cahaya yang menyinari semua objek yang sama dari arah tertentu sehingga menghasilkan sebuah daerah terang yang jarak dan ukurannya tak terhingga tetapi tidak semua menerima intensitas cahaya yang sama.
  • Pengertian Ray Tracing adalah Metode yang digunakan dalam grafik komputer dengan cara menghitung jalan gelombang atau partikel melalui suatu sistem yang terlihat dari permukaan dengan mengikuti gambaran cahaya dari sinar yang berasal dari pengelihatan mata kita.
  • Pengertian Forward Ray Tracing adalah Memperhitungkan semua sinar yang dipancarkan oleh sumber cahaya yang mengenai mata ataupun tidak.
  • Pengertian Radiosity adalah Teknik pencahayaan virtual yang paling realistik dan memiliki tingkat energi yang dipancarkan atau dipantulkan oleh permukaan secara terus menerus sampai energi yang dipantulkan habis.
  • Pengertian Texture Maps adalah Teknik yang digunakan untuk menambahkan detail pada permukaan halus sehingga menghasilkan pemetaan yang timbul dan dapat terlihat bergelombang pada permukaannya dengan mengubah kecerahan pixel.
  • Pengertian View Independent adalah Gambar yang dihasilkan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda hanya dengan sekali proses perhitungan.
  • Pengertian Konversi Scan adalah Teknik untuk mengubah vertikal atau horizontal pemindaian ferkuensi sinyal untuk berbagai aplikasi serta digunakan untuk penggambaran menggunkan pixel-pixel aktif.
  • Pengertian Penggambaran Garis Diagonal adalah Gambar pixel yang dinaikkan  nilai pada sumbu x maupun sumbu y untuk menuju pixel selanjutnya.
  • Pengertian Algoritma Incremental adalah Algoritma yang pada setiap iterasinya memerlukan perkalian floating point.
  • Pengertian Algoritma Bresenham adalah Algoritma pembangkit garis yang menggunakan memperhitungkan parameter dan dipilih berdasarkan actual path terdekat.
  • Pengertian B-Spline adalah Fungsi khusus yang ditetapkan sebagai piecewise polynominal (parametric) kurva yang memerlukan interpolasi data atau smoothing.
  • Pengertian Kurva Bezier adalah Kurva yang dihasilkan dengan menggambarkan garis yang menghubungkan 2 buah titik melalui 2 titik bantu.
  • Pengertian Non-Uniform Rational B-Spline Surface (NURBS) adalah Model Matematis yang digunakan untuk menghasilkan dan merepresantasikan kurva dan permukaan yang menawarkan fleksibelitas yang besar dan akurat untuk penanganan analitis dan bentuk yang unik.
  • Pantulan cahaya ada 2 tipe sebutkan dan jelaskan? 
  1. Specular Reflection merupakan pantulan sinar cahaya pada permukaan yang mengkilap dan rata.
  2. Diffuse Reflection merupakan pantulan sinar cahaya pada permukaan yang tidak mengkilap.
  • Faktor Pewarnaan pada benda terdiri dari 3 koefisien yaitu Ambient, Diffuse, Specular
 



Related Posts

Ringkasan Kisi - Kisi Grafika Komputer
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.